Hubungan antara Filsafat dengan Ilmu
Ditinjau dari segi historis, hubungan antara filsafat dan ilmu pengetahuan mengalami perkembangan yang sangat menyolok. Pada permulaan sejarah filsafat di Yunani, “philosophia” meliputi hampir seluruh pemikiran teoritis. Tetapi dalam perkembangan ilmu pengetahuan di kemudian hari, ternyata juga kita lihat adanya kecenderungan yang lain. Filsafat Yunani Kuno yang tadinya merupakan suatu kesatuan kemudian menjadi terpecah-pecah (Bertens, 1987, Nuchelmans, 1982).
Lebih lanjut Nuchelmans (1982), mengemukakan bahwa dengan munculnya ilmu pengetahuan alam pada abad ke 17, maka mulailah terjadi perpisahan antara filsafat dan ilmu pengetahuan. Dengan demikian dapatlah dikemukakan bahwa sebelum abad ke 17 tersebut ilmu pengetahuan adalah identik dengan filsafat. Pendapat tersebut sejalan dengan pemikiran Van Peursen (1985), yang mengemukakan bahwa dahulu ilmu merupakan bagian dari filsafat, sehingga definisi tentang ilmu bergantung pada sistem filsafat yang dianut.
Dalam perkembangan lebih lanjut menurut Koento Wibisono (1999), filsafat itu sendiri telah mengantarkan adanya suatu konfigurasi dengan menunjukkan bagaimana “pohon ilmu pengetahuan” telah tumbuh mekar-bercabang secara subur. Masing-masing cabang melepaskan diri dari batang filsafatnya, berkembang mandiri dan masing-masing mengikuti metodologinya sendiri-sendiri.
Dengan demikian, perkembangan ilmu pengetahuan semakin lama semakin maju dengan munculnya ilmu-ilmu baru yang pada akhirnya memunculkan pula sub-sub ilmu pengetahuan baru bahkan kearah ilmu pengetahuan yang lebih khusus lagi seperti spesialisasi-spesialisasi. Oleh karena itu tepatlah apa yang dikemukakan oleh Van Peursen (1985), bahwa ilmu pengetahuan dapat dilihat sebagai suatu sistem yang jalin-menjalin dan taat asas (konsisten) dari ungkapan-ungkapan yang sifat benar-tidaknya dapat ditentukan.
Terlepas dari berbagai macam pengelompokkan atau pembagian dalam ilmu pengetahuan, sejak F.Bacon (1561-1626) mengembangkan semboyannya “Knowledge Is Power”, kita dapat mensinyalir bahwa peranan ilmu pengetahuan terhadap kehidupan manusia, baik individual maupun sosial menjadi sangat menentukan. Karena itu implikasi yang timbul menurut Koento Wibisono (1984), adalah bahwa ilmu yang satu sangat erat hubungannya dengan cabang ilmu yang lain serta semakin kaburnya garis batas antara ilmu dasar-murni atau teoritis dengan ilmu terapan atau praktis.
Untuk mengatasi gap antara ilmu yang satu dengan ilmu yang lainnya, dibutuhkan suatu bidang ilmu yang dapat menjembatani serta mewadahi perbedaan yang muncul. Oleh karena itu, maka bidang filsafatlah yang mampu mengatasi hal tersebut. Hal ini senada dengan pendapat Immanuel Kant (dalam Kunto Wibisono dkk., 1997) yang menyatakan bahwa filsafat merupakan disiplin ilmu yang mampu menunjukkan batas-batas dan ruang lingkup pengetahuan manusia secara tepat. Oleh sebab itu Francis Bacon (dalam The Liang Gie, 1999) menyebut filsafat sebagai ibu agung dari ilmu-ilmu (the great mother of the sciences).
Lebih lanjut Koento Wibisono dkk. (1997) menyatakan, karena pengetahuan ilmiah atau ilmu merupakan “a higher level of knowledge”, maka lahirlah filsafat ilmu sebagai penerusan pengembangan filsafat pengetahuan. Filsafat ilmu sebagai cabang filsafat menempatkan objek sasarannya: Ilmu (Pengetahuan). Bidang garapan filsafat ilmu terutama diarahkan pada komponen-komponen yang menjadi tiang penyangga bagi eksistensi ilmu yaitu: ontologi, epistemologi dan aksiologi. Hal ini didukung oleh Israel Scheffler (dalam The Liang Gie, 1999), yang berpendapat bahwa filsafat ilmu mencari pengetahuan umum tentang ilmu atau tentang dunia sebagaimana ditunjukkan oleh ilmu.
Interaksi antara ilmu dan filsafat mengandung arti bahwa filsafat dewasa ini tidak dapat berkembang dengan baik jika terpisah dari ilmu. Ilmu tidak dapat tumbuh dengan baik tanpa kritik dari filsafat. Dengan mengutip ungkapan dari Michael Whiteman (dalam Koento Wibisono dkk.1997), bahwa ilmu kealaman persoalannya dianggap bersifat ilmiah karena terlibat dengan persoalan-persoalan filsafati sehingga memisahkan satu dari yang lain tidak mungkin. Sebaliknya, banyak persoalan filsafati sekarang sangat memerlukan landasan pengetahuan ilmiah supaya argumentasinya tidak salah. Lebih jauh, Jujun S. Suriasumantri (1982:22), –dengan meminjam pemikiran Will Durant– menjelaskan hubungan antara ilmu dengan filsafat dengan mengibaratkan filsafat sebagai pasukan marinir yang berhasil merebut pantai untuk pendaratan pasukan infanteri. Pasukan infanteri ini adalah sebagai pengetahuan yang diantaranya adalah ilmu. Filsafatlah yang memenangkan tempat berpijak bagi kegiatan keilmuan. Setelah itu, ilmulah yang membelah gunung dan merambah hutan, menyempurnakan kemenangan ini menjadi pengetahuan yang dapat diandalkan.
Untuk melihat hubungan antara filsafat dan ilmu, ada baiknya kita lihat pada perbandingan antara ilmu dengan filsafat dalam bagan di bawah ini, (disarikan dari Drs. Agraha Suhandi, 1992)
Ilmu
Filsafat
Mencoba merumuskan jawaban pertanyaan
Segi-segi yang dipelajari dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti
Obyek penelitian yang terbatas
Tidak menilai obyek dari suatu sistem nilai tertentu.
Bertugas memberikan jawaban
Mencoba merumuskan pertanyaan atas jawaban
Mencari prinsip-prinsip umum, tidak membatasi segi pandangannya bahkan cenderung memandang segala sesuatu secara umum dan keseluruhan
Keseluruhan yang ada
Menilai obyek renungan dengan suatu makna, misalkan , religi, kesusilaan, keadilan dsb.
Bertugas mengintegrasikan ilmu-ilmu
Daftar Pustaka
Achmad Sanusi,.(1998), Filsafah Ilmu, Teori Keilmuan, dan Metode Penelitian : Memungut dan Meramu Mutiara-Mutiara yang Tercecer, Makalah, Bandung :PPS-IKIP Bandung.
Achmad Sanusi, (1999), Titik Balik Paradigma Wacana Ilmu : Implikasinya Bagi Pendidikan, Makalah, Jakarta : MajelisPendidikan Tinggi Muhammadiyah.
Agraha Suhandi, Drs., SHm.,(1992), Filsafat Sebagai Seni untuk Bertanya, (Diktat Kuliah), Bandung : Fakultas Sastra Unpad Bandung.
Filsafat_ Ilmu, http://members.tripod.com/aljawad/artikel/filsafat_ilmu.htm.
Ismaun, (2001), Filsafat Ilmu, (Diktat Kuliah), Bandung : UPI Bandung.
Jujun S. Suriasumantri, (1982), Filsafah Ilmu : Sebuah Pengantar Populer, Jakarta : Sinar Harapan.
Mantiq, http://media.isnet.org./islam/etc/mantiq.htm.
Moh. Nazir, (1983), Metode Penelitian, Jakarta : Ghalia Indonesia
Muhammad Imaduddin Abdulrahim, (1988), Kuliah Tawhid, Bandung : Yayasan Pembina Sari Insani (Yaasin)
Artikel Populer
Akuntansi, Pajak, Accurate, Tarbiyah dan Dakwah
FB _Q
Diberdayakan oleh Blogger.
Arsip Blog
-
▼
2008
(73)
-
▼
Desember
(70)
- BISAKAH KITA BERSATU
- INDAHNYA SEDEKAH
- IBU
- PERMINTAAN, PENAWARAN, HARGA KESEIMBANGAN
- Soal Remidi Ekonomi Kelas X SMA MTA 2008/2009
- Kebiasaan buruk KIta
- Impotensi Bisa Disembuhkan
- FIQH DATANG BULAN
- Makna di Balik Tulisan Tangan
- Hubungan antara Filsafat dengan Ilmu
- Image Perubahan Pendidikan (The Images of Educatio...
- Tiga Kriteria Perilaku Abnormal
- 10 Cara Meningkatkan Inovasi
- Difusi Inovasi
- KADAR KEJAYAAN AGEN PERUBAHAN
- Mengapa sekolah/institusi pendidikan berubah perla...
- INNOVATION AND BARRIER INOVATION
- Apiterapi, Sengat dan Madu Lebah
- Makin Sering Mengalami Flow, Makin Sejahtera
- mengapa Materialistis-Konsumtif?
- Osteroporosis, Senyap Menggerogoti Tulang
- Mitos dan Fakta Kolesterol
- Terapi Enam Gelas Air
- Ayo Sukses!
- Berpikirlah Sejak Anda Bangun Tidur
- Indahnya Kasih Sayang
- CINTA DAN SAHABAT.
- Life Mental Vision (Visi Hidup).
- METODE PENELITIAN KUALITATIF
- METODE PENELITIAN KUALITATIF
- Penelitian Tentang Manfaat Tujuan Pembelajaran Khu...
- STRUKTUR PENELITIAN DAN PENULISAN ILMIAH
- MEMAHAMI HAKIKAT PENDEKATAN SISTEM
- Struktur Ilmu
- DESAIN SYSTEM INSTRUKSIONAL
- PENULISAN ARTIKEL UNTUK JURNAL ILMIAH
- Inovasi Pendidikan
- Landasan Teori Inovasi Pendidikan [
- MEMBEDAKAN FLU BURUNG DAN FLU MANUSIA
- PENYAKIT YANG PALING DITAKUTI SAAT INI
- YANG TERKENA FLU BUKAN BURUNGNYA MANUSIA IMPLIKAS...
- GIZI BURUK TIDAK SELALU TIDAK MAMPU
- Yang Muda Yang Membuat Perubahan
- KUNCI JAWABAN SEMESTER GANJIL EKONOMI SMA MTA
- 10 Alasan tidak memakai Jilbab
- ROAD to succes
- Manhaj Dakwah Kami
- Melati 3 RISMA WIKARYA
- Melati RISMA 2
- BUletin Melati RISMA WIKARYA
- MUSLIMAH
- Belajar Dari Ibrahim
- KOLEKSI SOAL UAN EKONOMI SMA
- khutbah idul adha
- Struktur Penulisan Ilmiah
- Materi tarbiyah
- Bank Soal ekonomi 7
- Bank Soal ekonomi 6
- Bank soal ekonomi 5
- Banksoal ekonomi-3
- Bank soal ekonomi-2
- Bank soal ekonomi
- Materi tarbiyyah -Manisnya iman
- Materi tarbiyah -Ma'rifatul insan
- ma'rifatullah
- Seputar Kurban 5
- Sepuutar Kurban 4
- Seputar Qurban 3
- Seputar Kurban 2
- Seputar Kurban 1
-
▼
Desember
(70)
No comments for "Hubungan antara Filsafat dengan Ilmu"!
Posting Komentar