Mengapa sekolah/institusi pendidikan berubah perlahan?
Sekolah dan institusi pendidikan dikatakan sukar untuk mengalami sesuatu perubahan. Sistem pendidikan dikatakan lebih resisten terhadap sebarang perubahan dan inovasi berbanding dengan institusi perindustrian dan bidang pertanian, guru-guru dan para pendidik lebih sukar menerima sesuatu inovasi dan perubahan berbanding petani atau doktor (Huberman, 1979). Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi fenomena di atas (Havelock, 1971).
1. Faktor input
* halangan untuk berubah dari persekitaran
* ketidak trampilan agen luar
* inovasi yang terlalu berpusat
* sensitiviti dan defensiveness guru-guru/pendidik
* ketiadaan linking-pin agen perubahan
* putus hubungan antara teori dan amalan
* inovasi yang mempunyai kurang asas saintifik - kurang membuat kajian
* guru/pendidik bersifat konservatif
* kesamaran profesionalisme
2. Faktor output
* matlamat sesuatu inovasi tidak jelas
* tiada ganjaran untuk inovasi
* pendekatan terlalu uniform
* sekolah sebagai institusi yang monopoli
* komponen pengetahuan yang rendah - kurang pelaburan dalam R&D
* kesukaran mendiagnos kelemahan
* masalah mengukur hasil akhir (product)
* pelaburan yang rendah dalam bidang teknologi dan kewangan
* fokus kepada komitmen masa kini - akauntabiliti
* pelaburan yang rendah terhadap perkembangan staf
* kekurangan model entrepreneur
* passivity
3. Faktor throughput
* pemisahan antara ahli-ahli dan unit-unit dalam sistem pendidikan
* perbezaan status dan hirarki
* kekurangan prosedur dan latihan untuk perubahan
Artikel Populer
Akuntansi, Pajak, Accurate, Tarbiyah dan Dakwah
FB _Q
Diberdayakan oleh Blogger.
Arsip Blog
-
▼
2008
(73)
-
▼
Desember
(70)
- BISAKAH KITA BERSATU
- INDAHNYA SEDEKAH
- IBU
- PERMINTAAN, PENAWARAN, HARGA KESEIMBANGAN
- Soal Remidi Ekonomi Kelas X SMA MTA 2008/2009
- Kebiasaan buruk KIta
- Impotensi Bisa Disembuhkan
- FIQH DATANG BULAN
- Makna di Balik Tulisan Tangan
- Hubungan antara Filsafat dengan Ilmu
- Image Perubahan Pendidikan (The Images of Educatio...
- Tiga Kriteria Perilaku Abnormal
- 10 Cara Meningkatkan Inovasi
- Difusi Inovasi
- KADAR KEJAYAAN AGEN PERUBAHAN
- Mengapa sekolah/institusi pendidikan berubah perla...
- INNOVATION AND BARRIER INOVATION
- Apiterapi, Sengat dan Madu Lebah
- Makin Sering Mengalami Flow, Makin Sejahtera
- mengapa Materialistis-Konsumtif?
- Osteroporosis, Senyap Menggerogoti Tulang
- Mitos dan Fakta Kolesterol
- Terapi Enam Gelas Air
- Ayo Sukses!
- Berpikirlah Sejak Anda Bangun Tidur
- Indahnya Kasih Sayang
- CINTA DAN SAHABAT.
- Life Mental Vision (Visi Hidup).
- METODE PENELITIAN KUALITATIF
- METODE PENELITIAN KUALITATIF
- Penelitian Tentang Manfaat Tujuan Pembelajaran Khu...
- STRUKTUR PENELITIAN DAN PENULISAN ILMIAH
- MEMAHAMI HAKIKAT PENDEKATAN SISTEM
- Struktur Ilmu
- DESAIN SYSTEM INSTRUKSIONAL
- PENULISAN ARTIKEL UNTUK JURNAL ILMIAH
- Inovasi Pendidikan
- Landasan Teori Inovasi Pendidikan [
- MEMBEDAKAN FLU BURUNG DAN FLU MANUSIA
- PENYAKIT YANG PALING DITAKUTI SAAT INI
- YANG TERKENA FLU BUKAN BURUNGNYA MANUSIA IMPLIKAS...
- GIZI BURUK TIDAK SELALU TIDAK MAMPU
- Yang Muda Yang Membuat Perubahan
- KUNCI JAWABAN SEMESTER GANJIL EKONOMI SMA MTA
- 10 Alasan tidak memakai Jilbab
- ROAD to succes
- Manhaj Dakwah Kami
- Melati 3 RISMA WIKARYA
- Melati RISMA 2
- BUletin Melati RISMA WIKARYA
- MUSLIMAH
- Belajar Dari Ibrahim
- KOLEKSI SOAL UAN EKONOMI SMA
- khutbah idul adha
- Struktur Penulisan Ilmiah
- Materi tarbiyah
- Bank Soal ekonomi 7
- Bank Soal ekonomi 6
- Bank soal ekonomi 5
- Banksoal ekonomi-3
- Bank soal ekonomi-2
- Bank soal ekonomi
- Materi tarbiyyah -Manisnya iman
- Materi tarbiyah -Ma'rifatul insan
- ma'rifatullah
- Seputar Kurban 5
- Sepuutar Kurban 4
- Seputar Qurban 3
- Seputar Kurban 2
- Seputar Kurban 1
-
▼
Desember
(70)
No comments for "Mengapa sekolah/institusi pendidikan berubah perlahan?"!
Posting Komentar