———————–
* Inovasi harus berlangsung di sekolah guna memperoleh hasil yang terbaik dalam mendidik siswa;
* Ujung tombak keberhasilan pendidikan di sekolah adalah guru;
* Oleh karena itu guru harus mampu menjadi seorang yang inovatif guna menemukan strategi atau metode yang efektif untuk mendidik;
* Inovasi yang dilakukan guru pada intinya berada dalam tatanan pembelajaran yang dilakukan di kelas;
* Kunci utama yang harus dipegang guru adalah bahwa setiap proses atau produk inovatif yang dilakukan dan dihasilkannya harus mengacu kepada kepentingan siswa.
Skematik Inovasi di Sekolah
skema_inovasi_di_sekolah-small.jpg
(Klik untuk memperbesar)
Kreatifitas adalah penyatuan pengetahuan dari berbagai bidang pengalaman yang berlainan untuk menghasilkan ide-ide baru dan lebih baik.
Langkah proses kreatif:
* Penemuan masalah;
* Persiapan;
* Pengendapan;
* Wawasan;
* Taktik.
Mengembangkan kreatifitas:
1. Imajinasi - kreatif;
2. Keleluasaaan - kebebasan pikiran;
3. Gila / aneh;
4. Hubungan antara obyek - melahirkan ide-ide.
Guru harus memiliki kompetensi: Pedagogi, Profesional, Individual dan Sosial
1. Planning Instructions (Merencanaan Pembelajaran);
2. Implementing Instructions (Menerapkan Pembelajaran);
3. Performing Administrative Duties (Melaksanakan Tugas-Tugas Administratif);
4. Communicating (Berkomunikasi);
5. Development Personal Skills (Mengembangkan Kemampuan Pribadi);
6. Developing Pupil Self (Mengembangkan Kemampuan Peserta Didik).
Merencanakan;
* Melaksanakan;
* Memberikan umpan balik.
Metode Mengajar & Keterampilan Mengajar:
* Pendekatan Kelompok;
* Pendekatan Individu.
Metode Mengajar Kelompok:
* Metode Kuliah (Ceramah);
* Metode Diskusi;
* Metode Simulasi;
* Metode Demonstrasi & Eksperimen;
* Metode Inquiry & Discovery (Menyelidiki & Menemukan).
* Mastery Learning;
* Metode Bloom.
Keterampilan Mengajar:
* Bertanya Dasar;
* Memberi Penguatan;
* Mengadakan Variasi;
* Menjelaskan;
* Membuka dan Menutup;
* Memimpin Diskusi Kelompok Kecil;
* Mengelola Kelas;
* Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan.
Penelitian Tindakan KelasAction Research
Classroom Research:
Tindakan yg dilakukan oleh guru untuk meningkatkan cara mengajarnya sendiri atau koleganya, & untuk menguji asumsi teori dalam praktek.
Prosedur:
1. Pengembangan Fokus;
2. Perumusan & Persiapan;
3. Pelaksanaan & Metode Pengumpulan Data;
4. Analisis Data & Refleksi;
5. Perencanaan Kembali.
Prinsip:
1. Metode tidak boleh mengganggu komitmen mengajar;
2. Pengumpulan data tidak menambah waktu guru;
3. Metodologi menyesuaikan dengan situasi kelas;
4. Masalah sendiri di kelas;
5. Prosedur etik;
6. Fokus terhadap kegiatan (semua komponen).
PORTOFOLIO ASSESSMENT
* Traditional Assessment:
* Paper-pencil test;
* keterampilan/pengetahuan tertentu;
* Bentuknya : test objektif, multiple choice, dll;
* Kriteria standar/seragam.
Authentic assessment:
* Peserta didik untuk mengukur, memproduksi & mengkontruksi pengetahuan sendiri;
* Active leaner;
* Meaningfull learning.
Karakteristik:
1. Menggambarkan perkembangan kemampuan seseorang dalam satu bidang;
2. Bukti autentik dari kemampuan seseorang;
3. Menggambarkan kemampuan secara komprehensif, menilai kemampuan siswa secara utuh.
Prosedur:
1. Tujuan umum dari tujuan program pembelajaran;
2. Tujuan portofolio bagi setiap siswa;
3. Portofolio untuk unit-unit pelajaran;
4. Pengembangan Self evaluation;
5. Perluasan cakupan pengetahuan;
6. Penulisan responsi;
7. Dialog konvensi;
8. Kriteria evaluasi;
9. Sidang Portofolio/dialog akhir.
Artikel Populer
Akuntansi, Pajak, Accurate, Tarbiyah dan Dakwah
FB _Q
Diberdayakan oleh Blogger.
Arsip Blog
-
▼
2008
(73)
-
▼
Desember
(70)
- BISAKAH KITA BERSATU
- INDAHNYA SEDEKAH
- IBU
- PERMINTAAN, PENAWARAN, HARGA KESEIMBANGAN
- Soal Remidi Ekonomi Kelas X SMA MTA 2008/2009
- Kebiasaan buruk KIta
- Impotensi Bisa Disembuhkan
- FIQH DATANG BULAN
- Makna di Balik Tulisan Tangan
- Hubungan antara Filsafat dengan Ilmu
- Image Perubahan Pendidikan (The Images of Educatio...
- Tiga Kriteria Perilaku Abnormal
- 10 Cara Meningkatkan Inovasi
- Difusi Inovasi
- KADAR KEJAYAAN AGEN PERUBAHAN
- Mengapa sekolah/institusi pendidikan berubah perla...
- INNOVATION AND BARRIER INOVATION
- Apiterapi, Sengat dan Madu Lebah
- Makin Sering Mengalami Flow, Makin Sejahtera
- mengapa Materialistis-Konsumtif?
- Osteroporosis, Senyap Menggerogoti Tulang
- Mitos dan Fakta Kolesterol
- Terapi Enam Gelas Air
- Ayo Sukses!
- Berpikirlah Sejak Anda Bangun Tidur
- Indahnya Kasih Sayang
- CINTA DAN SAHABAT.
- Life Mental Vision (Visi Hidup).
- METODE PENELITIAN KUALITATIF
- METODE PENELITIAN KUALITATIF
- Penelitian Tentang Manfaat Tujuan Pembelajaran Khu...
- STRUKTUR PENELITIAN DAN PENULISAN ILMIAH
- MEMAHAMI HAKIKAT PENDEKATAN SISTEM
- Struktur Ilmu
- DESAIN SYSTEM INSTRUKSIONAL
- PENULISAN ARTIKEL UNTUK JURNAL ILMIAH
- Inovasi Pendidikan
- Landasan Teori Inovasi Pendidikan [
- MEMBEDAKAN FLU BURUNG DAN FLU MANUSIA
- PENYAKIT YANG PALING DITAKUTI SAAT INI
- YANG TERKENA FLU BUKAN BURUNGNYA MANUSIA IMPLIKAS...
- GIZI BURUK TIDAK SELALU TIDAK MAMPU
- Yang Muda Yang Membuat Perubahan
- KUNCI JAWABAN SEMESTER GANJIL EKONOMI SMA MTA
- 10 Alasan tidak memakai Jilbab
- ROAD to succes
- Manhaj Dakwah Kami
- Melati 3 RISMA WIKARYA
- Melati RISMA 2
- BUletin Melati RISMA WIKARYA
- MUSLIMAH
- Belajar Dari Ibrahim
- KOLEKSI SOAL UAN EKONOMI SMA
- khutbah idul adha
- Struktur Penulisan Ilmiah
- Materi tarbiyah
- Bank Soal ekonomi 7
- Bank Soal ekonomi 6
- Bank soal ekonomi 5
- Banksoal ekonomi-3
- Bank soal ekonomi-2
- Bank soal ekonomi
- Materi tarbiyyah -Manisnya iman
- Materi tarbiyah -Ma'rifatul insan
- ma'rifatullah
- Seputar Kurban 5
- Sepuutar Kurban 4
- Seputar Qurban 3
- Seputar Kurban 2
- Seputar Kurban 1
-
▼
Desember
(70)
No comments for "Inovasi Pendidikan"!
Posting Komentar