Modul SMK, Akuntansi, Keislaman, Tarbiyah, Motivasi dan Inspirasi

Tanggapan atas Soal UKK Akuntansi revisi BNSP:

Soal P1: PT Angkasa – Manual

Soal Mengelola Buku Jurnal: Dalam daftar akun, Istilah Paid Up Capital sebaiknya diganti Common Stock (Modal saham ditempatkan), Income Summary tidak boleh dipakai dlm PT, ganti dengan Current Earning (saldo laba periode berjalan), sedangkan Retained adalah saldo laba periode lalu. Nomor Akun 71100 sebaiknya tidak digunakan karena tidak dikenal dalam myob. Dalam neraca saldo awal, akun hutang jk pjg masih salah.Daftar saldo piutang dg dan hutang dg tidak boleh ada ppn keluaran dan masukan, karena ppn hanya dikenakan kepada penjualan/pembelian, bukan atas piutang/hutang dg.Bukti no 13, termin penjualan tunai masih N/30.


Soal Mengelola Buku Besar: Akun neraca saldo ada yang salah, daftar saldo awal piutang/hutang dg tidak boleh ada ppn,

Soal Menyelesaikan Siklus: TIDAK ADA

Soal P1: PT Angkasa -MYOB:
Kesalahan idem soal manual diatas,Metode penilaian persediaan salah (FIFO), karena myob gak bisa FIFO. Bukti Memorial dokumen 32: koreksi fiskal atas Other Operating Expense 9.800.000 salah, karena boleh dijadikan pengurang. Mungkin sipenulis niru soal LKS Nas PT Tiga Cahaya Putra, yang dikoreksi adalah akun newspaper & tabloid expense (koreksi fiskal) yang dicatat dlm akun Other operating expense.

Soal P2: PD Angkasa
Masih seperti yang dulu. Tidak ada revisi sama sekali

HIMBAUANKepada siapapun penulis soal UKK Akuntansi versi pertama atau versi revisi, jangan mempermalukan Direktorat Pembinaan SMK dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan membuat Soal Nasional yang banyak salah setiap tahunnya. Guru-Guru Akuntansi SMK bukanlah orang bodoh yang dapat dibodohi. Boleh rebutan anggaran, tapi jangan korbankan kualitas. Apa kata dunia….

BERSATU GURU AKUNTANSI SMK
Bagi Guru Akuntansi SMK dimanapun berada, bergabunglah dalam grup Guru Akuntasi SMK Indonesia di stapiindonesia@gmail.com

No comments for "Soal UKK Akuntansi 2011 Revisi BNSP Masih Bermasalah.."!

Artikel Populer

Akuntansi, Pajak, Accurate, Tarbiyah dan Dakwah

FB _Q

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog